Skip to content
Home » News-default » Apa itu Anuitas, Jenis-jenisnya dan Manfaatnya?

Apa itu Anuitas, Jenis-jenisnya dan Manfaatnya?

  • kimAdmin 
Apa itu Anuitas, Jenis-jenisnya dan Manfaatnya?

Dikutip ICICI Prudential Life, anuitas adalah jumlah uang tetap yang akan kamu dapatkan setiap tahun selama sisa hidup. Anuitas sebenarnya adalah bentuk kontrak antara kamu dengan perusahaan asuransi yang mewajibkan perusahaan asuransi untuk melakukan pembayaran.

Investor Gov menjelaskan bahwa proses penerimaan uang yang telah kamu bayarkan bisa secara langsung maupun di masa depan. Jadi, secara sederhana anuitas mirip dengan dana pensiun, namun dalam bentuk asuransi. Investopedia juga menyebutkan bahwa tujuan dari anuitas adalah menyediakan pendapatan saat seseorang mencapai usia pensiun. Anuitas terdiri dari beberapa jenis, di mana masing-masing memiliki risiko dan potensi pembayaran yang berbeda.

A.Jenis-jenis Anuitas

Masih melansir Investopedia, ada tiga jenis dasar anuitas yang perlu kamu pahami yaitu:

  1. Fixed annuity

Fixed annuities adalah jenis anuitas yang menjamin kamu tetap mendapatkan pengembalian dana dalam jumlah yang sudah ditentukan, terlepas dari kondisi pasar/ekonomi. Anuitas ini memiliki dua cara pembayaran, yaitu:

  • Immediate annuity: secara langsung dibayarkan.
  • Deferred annuity: tangguhan tetap, dibayarkan setelah periode waktu tertentu di masa depan.
  • Durasi dari fixed annuities ini juga berbeda-beda.

Misalnya, kamu bisa menerima pembayaran dalam jangka waktu 25 tahun maupun tidak terbatas selama masa hidup.

  1. Variable annuity

Variable annuities adalah jenis anuitas yang memiliki potensi pengembalian tinggi, namun sebanding dengan risiko yang dimiliki. Jika fixed annuity tadi menjamin jumlah pengembalian yang sama dan tidak terpengaruh kondisi pasar, variable annuities akan bergantung pada kinerja pasar investasi. Sehingga, walaupun memiliki potensi pengembalian tinggi, jika pasar investasi sedang memburuk di masa pembayaran, maka kamu tidak akan mendapatkan jumlah yang sama.

  1. Indexed annuity

Indexed annuities bisa dibilang adalah posisi anuitas yang berada di tengah antara fixed dan variable annuities. Pada indexed annuities tetap ada jumlah pengembalian tetap namun juga ada potensi reward yang didapatkan. Jadi, kamu tetap memiliki jaminan pengembalian dalam jumlah tertentu meskipun sebagian besar jaminan dipengaruhi kinerja pasar investasi saat itu.

B.Kekurangan dan Kelebihan Anuitas 

Sama halnya dengan bentuk tabungan atau investasi jangka panjang lainnya, tentu ada pro dan kontra dari anuitas. Beberapa hal yang menjadi kelebihan dari anuitas adalah:

  • terjaminnya alur pendapatan, bahkan bisa seumur hidup
  • dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • bisa menyediakan perlindungan dalam pengesahan probate dan kreditor tertentu

Sedangkan kekurangan dari anuitas adalah:

  • tidak memiliki likuiditas dengan penalti serta biaya penarikan
  • biaya dan komisi yang tinggi
  • dapat menciptakan taxable events (penarikan pajak tertentu)
  • butuh waktu lama hingga mendapatkan jumlah pengembalian yang sama

C.Manfaat Anuitas

Menurut Guardian, salah satu manfaat utama memiliki anuitas adalah membantu kamu menjalani hari tua dengan tenang. Memiliki umur panjang juga sama artinya dengan memiliki risiko yang lebih tinggi, baik secara kesiapan finansial dan kesehatan. Anuitas dalam asuransi adalah bentuk investasi jangka panjang yang menjamin masa pensiun, sekaligus memberikan kamu jaminan pendapatan saat sudah pensiun dan tidak lagi bisa bekerja.

Saat kamu tidak lagi memiliki gaji, kamu tetap memiliki pendapatan dari pengembalian anuitas. Permasalahan finansial kerap kali terjadi mendekati masa pensiun. Jika tidak memiliki tabungan yang cukup maupun investasi, kamu mungkin akan mengalami kesulitan. Itulah tadi adalah beberapa informasi tentang anuitas yang perlu kamu ketahui dan pelajari.

Memilih investasi untuk masa tua tentunya harus disesuaikan dengan tujuan dan rencana jangka panjang, setiap investasi maupun tabungan dana pensiun tidak bisa disamaratakan bagus atau tidaknya untuk semua orang. Jangan lupa sebelum memutuskan berinvestasi, pastikan kamu membaca dan memahami kontrak anuitas yang akan disetujui. Termasuk jumlah pembayaran, sistematika, dan informasi tentang pilihan investasi yang tersedia.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?