Skip to content
Home » News-default » Kamu mau menjadi seorang pemimpin? Berikut hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin!

Kamu mau menjadi seorang pemimpin? Berikut hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin!

Menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin memang bukanlah hal yang mudah. Selain kamu harus mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik, kamu juga harus mampu memimpin anggota tim. Sebagai pemimpin baru, hal ini tentu merupakan tantangan tersendiri untuk kamu dan berikut ini apa saja hal yang perlukan untuk menjadi seorang pemimpin:

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh James M. Kouzes, ada sebanyak 15.000 orang yang melakukan survey mengenai seberapa pentingkah hal tersebut Ketika seseorang menjadi leader, hal tersebut ialah;

  • kejujuran sebanyak 87%,

Lewat kejujuran, seorang pemimpin akan meningkatkan kemampuan managerial. Seorang pemimpin pun akan senantiasa membangun kelihaian berkomunikasi lewat kejujuran. Karena dengan kejujuran,akan muncul sebuah integritas untuk bekerja secara benar dan penuh kesungguhan.

  • menginspirasi 68%,

Pemimpin pastinya memiliki skill kepemimpinan, salah satunya adalah leadership skill is the ability to inspire. Kemampuan menginspirasi adalah suatu kemampuan seseorang yang dapat memberikan sesuatu pandangan baru bagi orang lain, dan kemungkinan juga dapat membuat orang lain melakukan sesuatu yang baru. Kemampuan orang yang menginspirasi juga dapat memberi orang lain inspirasi untuk memulai suatu perubahan baru ke arah yang lebih baik dari sebelumnnya dan juga lebih baik bagi banyak orang.

  • memiliki pemikiran yang luas 71%,

Karena menjadi pemimpin yang baik bukan hanya orang yang paham dengan jabatannya di lingkungan organisasi kerja, tapi juga tentang banyak hal lainnya. Untuk memperluas wawasan jangan hanya baca buku, informasi, atau diskusi tentang pekerjaan. Tapi juga baca dan gali informasi bidang lain. Dengan wawasan yang luas, komunikasi kepada rekan kerja atau orang yang dipimpin bisa berjalan luwes dan baik. Semakin terbuka pikiran dengan pengetahuan lainnya, semakin mudah menemukan solusi untuk memecahkan suatu masalah.

  • kompeten 58%,

Kompetensi kepemimpinan adalah keterampilan dan perilaku kepemimpinan yang berkontribusi pada kinerja yang unggul. Dengan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi untuk kepemimpinan, organisasi dapat mengidentifikasi dan mengembangkan generasi pemimpin mereka dengan lebih baik.

Berikut ini karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin:

1. Mempunyai karisma

Pemimpin yang baik pasti memiliki karisma sehingga dapat mengarahkan staf dan anggota timnya dengan efektif. Pemimpin yang berkarisma memiliki daya tarik yang dapat memikat orang lain untuk mendengarkannya. Sehingga para staf akan lebih mudah untuk percaya kepada pemimpin dan mengikuti semua arahan menuju tujuan yang terbaik bagi organisasi.

2. Mempunyai dedikasi

Pemimpin yang baik dan berdedikasi tinggi akan bekerja keras untuk mempertahankan visi yang dimilikinya dengan penuh semangat dan menularkannya kepada para staf. Visi yang dijalankan pemimpin bukanlah visi pribadinya sendiri melainkan visi bersama, sehingga pemimpin dapat membawa semua anggota meraih tujuan bersama. 

3. Mempunyai integritas

Integritas adalah karakter pemimpin yang baik yang penting bagi anggota tim dan organisasi. Integritas membantu pemimpin membuat keputusan penting dan menentukan arah organisasi. Penelitian dari Center for Creative Leadership menunjukkan bahwa integritas dapat menjadi titik buta yang potensial bagi organisasi. Sehingga organisasi perlu menekankan pentingnya kejujuran dan integritas bagi para pemimpin di berbagai tingkatan.

4. Bekerja tidak hanya memerintah

Pemimpin yang baik tidak akan membiarkan dirinya lepas tangan dan memerintahkan semua pekerjaan kepada stafnya. Seorang pemimpin pasti berusaha untuk mengerjakan porsi tugasnya dan mendelegasikan pekerjaan lain kepada anggota tim lainnya dengan adil.

5. Mau membantu

Seorang pemimpin yang baik pasti mau membantu kesulitan yang dihadapi anggota tim atau staf yang bekerja bersamanya. Contohnya jika ada staf yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan sebuah tugas, pemimpin yang baik tidak akan ragu untuk membantunya.

6. Mau mendengarkan

Pemimpin yang baik tidak akan menutup telinganya ketika ada staf yang menyampaikan pendapat ataupun kritik yang membangun. Kemampuan untuk mendengarkan sangat penting untuk menjaga komunikasi antar karyawan dan menghindari kemungkinan kesalahpahaman.

7. Dapat mengambil keputusan

Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan yang tepat untuk kebaikan bersama dan bukan hanya untuk kebaikan bagi si pemimpin sendiri. Ketika seorang pemimpin memiliki keraguan untuk mengambil keputusan, daripada pusing mengatasi semua hal sendirian, pemimpin yang baik tidak akan ragu untuk meminta pendapat dari orang lain termasuk anggota tim dan staf agar dapat menentukan keputusan yang terbaik untuk semuanya.

Berikutlah hal yang perlu kamu perhatikan Ketika menjadi leader, semoga artikel kali ini bermanfaat ya untuk kamu!

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?