Skip to content
Home » News-default » Kamu ingin menjadi Professional? Yuk Simak!

Kamu ingin menjadi Professional? Yuk Simak!

Being Professional sama halnya seperti being personally responsible, yang dimana melakukan sesuatu dengan baik dan mempertimbangkan sesuatu sesuai dengan tanggung jawab dan peluang untuk menempatkan diri disuatu kondisi.

Seperti contohnya pertimbangan utama saat memakai pakaian untuk pergi kerja, tentu harus nyaman dipakai, sopan, sesuai dengan tempat pekerjaan agar dinilai value dan dirimu berkualitas dan juga keren.

Being professional is never about being formal.

Saya tidak percaya profesional artinya formal dalam hal berpakaian, berbicara, atau bertindak.  Kenapa harus mengucapkan hal-hal yang tidak dapat kita rasakan maknanya? Karena professional lahir atas kesadaran akan tanggung jawab.

Being professional is not the same as being a professional.

Karena menjadi profesional artinya tidak lagi jadi amatiran atau tidak lagi bekerja paruh waktu dan sudah sepenuhnya punya profesi tertentu. Jika demikian apakah maksudnya semua profesi —dokter, bankir, tentara, pengacara dan politisartinya sudah pasti profesional? Apakah perilaku para pemangku profesi ini sudah tidak akan memengaruhi profesionalisme mereka? Saya yakin jawabannya 100 persen tidak.

Karena dibalik itu semua ada kinerja, perilaku, cara berpakaian, dan sebagaimana seseorang menempatkan diri pada sebuah pekerjaan. Baik dalam bekerja belum tentu professional, apabila sudah professional sudah pasti baik.

There is no certification for being professional.

Jadi apa sebenarnya makna menjadi profesional? Beruntung ayah yang membesarkan Saya pernah menyampaikan sebuah wejangan yang masih saya ingat sampai hari ini soal profesionalisme. Menurut ayah saya, menjadi profesional artinya senantiasa-tanpa-kecuali-tanpa-alasan-apa-pun selalu mengedepankan idealisme profesi sebelum kepentingan pribadi. Jika demikian, tidak ada satu pun mekanisme sertifikasi dan kualifikasi yang bisa diterapkan untuk menjamin profesionalisme seseorang.

Menjadi profesional adalah pilihan (dan tanggung jawab) pribadi  yg harus dipertanggung jawabkan pada orang lain, organisasi, masyarakat dan alam semesta. Mempunyai profesi adalah mendapatkan  peluang berkarya, kesempatan berkreasi Dan ajakan berdaya dalam hidup melalui serangkaian idealisme nilai-nilai dan juga etika yang ada di lingkungan seharusnya seperti apa.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?