Skip to content
Home » News-default » 5 Kebiasaan yang Perlu Kamu Terapkan Untuk Menjadi Seorang Content Creator yang Hebat

5 Kebiasaan yang Perlu Kamu Terapkan Untuk Menjadi Seorang Content Creator yang Hebat

Menjadi content creator yang sukses adalah salah satu hal utama bagi orang-orang yang bersemangat membuat suatu karya. Dengan menyalurkan ide-ide, konten yang dibuat dapat berguna untuk menyampaikan sebuah informasi yang mengedukasi dan juga menghibur.

Sebagian dari kita pasti pernah berfikir dan mencoba mendapatkan solusi cepat dan mantap untuk menjadi content creator yang hebat dalam waktu cepat. Daripada mencoba mendapatkan solusi cepat, kamu perlu menerapkan kebiasaan hebat untuk menjadi content creator yang sukses dalam waktu cepat. Berikut ini ada 5 kebiasaan yang perlu kamu terapkan di kehidupanmu untuk menjadi seorang content creator yang hebat!

1. Mulailah budaya menulis secara rutin

Pembuat konten yang sukses menulis tanpa henti. Mereka mungkin memiliki blog sendiri atau hanya menyisihkan waktu setiap hari untuk membiarkan pikiran kreatif mengalir.

Manfaat besar dari menulis secara teratur adalah memungkinkan kamu menentukan kapan kamu berada dalam kondisi terbaik untuk menulis salinan yang jelas dan ringkas. Apakah kamu seorang bangun pagi yang dapat menghasilkan tulisan seperti bos, sementara semua orang masih terpuruk di atas cangkir kopi mereka? Atau, apakah itu sore hari ketika percikan kreatif kamu paling kuat?

Setelah kamu menemukan waktu yang pas itu, kamu akan siap untuk pembuatan konten yang sukses. Plus, kamu juga akan merasa lebih nyaman dengan proses pembuatan konten.

2. Belajarlah untuk mengatakan tidak pada tenggat waktu yang mustahil

Seringkali, terutama bagi kamu yang berada di media sosial dan ruang pemasaran digital, pembuat konten dihadapkan pada hal-hal berikut:

• Diharapkan untuk menghasilkan ribuan kata dalam kerangka waktu yang terbatas

• Diminta mengerjakan tugas menulis besar-besaran dalam satu hari

• Menerima laporan singkat tentang topik yang sama sekali tidak kita ketahui

Pembuat konten dapat memperbesar tulisan seolah-olah itu bukan urusan siapa pun. Padahal, kenyataannya adalah pembuat konten yang sukses tahu kapan saatnya untuk membahas dan membuat konten menarik. Plus, mereka tahu kapan harus mengatakan tidak ketika mereka tidak terbiasa dengan topik tertentu.

Membuat tulisan yang bagus bukanlah proses yang terburu-buru. Itu tidak perlu bekerja keras selama berhari-hari, tetapi harus sesuai dengan slot yang realistis untuk benar-benar mencapai pesan-pesan yang ingin disampaikan lewat tulisan itu. Dan, jika kamu seorang pembuat konten dengan bos atau manajer yang menghela nafas, kamu bisa dengan mudah menyerah dan melanjutkannya.

Berhenti lakukan itu. Dapatkan hak kamu untuk menyelaraskan tenggat waktu sesuai dengan apa yang bisa dilakukan. Jika kamu benar-benar ingin menjadi pembuat konten yang sukses, kamu harus mengklaim kebenaran kamu. Kamu tidak harus selalu mengatakan ya. Jika kamu tidak bisa menulis, tidak tahu harus berkata apa, tolaklah dengan sopan. Ini semudah itu.

3. Identifikasi dan kenali audiens target kamu

Mengaduk-aduk konten tanpa berpikir adalah kesalahan besar untuk pemula. Tidak ada audiens yang menghargai konten yang disajikan yang tidak memiliki nilai. Mereka ingin konten dibuat untuk mereka dan mereka ingin terlibat dalam percakapan dengan kamu, bukan merasa kamu tidak “mendapatkannya”.

Singkatnya, pembuat konten yang sukses berusaha untuk mengenal audiens target mereka. Mereka tahu:

• Untuk kelompok usia berapa?

• Demografi dan jenis kelamin target audiens

• Apa poin-poin yang perlu di bahas dalam tulisan?

• Nuansa bahasa pendekatan apa yang ditulis untuk target audiens

• Bagaimana membuat target audiens tetap terlibat

• Jenis konten apa yang menarik perhatian target audiens

Dalam proses pembuatan konten – apakah mereka melakukannya untuk saluran pribadi mereka sendiri atau untuk bos – mereka menulis dengan tujuan akhir. Mereka tahu bahwa mereka perlu menyenangkan orang-orang yang membaca tulisan mereka! Jadi, tempatkan target audiens kamu terlebih dahulu. Adalah satu hal untuk menjadi penulis yang baik, tetapi penulis yang hebat benar-benar memberikan barang-barang dari konten yang dikemas dengan sempurna!

4. Tetap up to date dengan tren pemasaran terbaru

Pemasaran digital terus berkembang dan jenis format konten baru terus bermunculan. Ini berarti bahwa jika kamu benar-benar ingin menjadi pembuat konten pro, kamu harus berusaha keras untuk terbiasa dengan tren pemasaran terbaru.

Pembuat konten media sosial, khususnya, tidak mampu untuk tidak berada di atas jenis konten yang membuat gelombang besar di bidang pemasaran. Lagi pula, kamu tidak ingin pesaing kamu mengalahkan kamu dengan tren konten baru dan kemudian terlihat seperti kamu hanya mendukung kesuksesan mereka.

Mulailah membiasakan diri untuk:

• Baca setiap hari di situs web dengan berita pemasaran digital terbaru

• Catat fitur yang dapat kamu gunakan

• Mencoba fitur baru di postingan sosial kamu yang semakin populer

• Selalu ingat: pembuat konten yang sukses tahu bahwa dia dapat melakukan lebih banyak, mengetahui lebih banyak, dan menemukan lebih banyak. Mereka tetap ingin tahu (ingat poin di atas) dan mereka tidak pernah berhenti belajar.

5. Tinjau setiap bagian sebelum mempostingnya

Seberapa sering kamu mengeluarkan konten dengan napas lega setelah menulisnya hanya untuk mendapatkan ulasan pedas dengan segera? Profesional pembuat konten yang berpengalaman tahu bahwa ada lebih banyak hal dalam menulis daripada sekadar menambahkan titik terakhir.

Memang ada:

•  Pengecekan ejaan

• Pemeriksaan tata bahasa

• Pemeriksaan keterbacaan

• Pemeriksaan plagiarisme

• Pemeriksaan jumlah kata

• Memeriksa apakah hashtag relevan di postingan media sosial

Meninjau potongan terakhir harus lebih dari sekadar pemeriksaan ejaan cepat. Luangkan waktu untuk menggunakan aplikasi seperti Grammarly atau Hemingway untuk memastikan konten kamu rapi dan bebas kesalahan.

Ketika kamu berusaha setiap hari untuk menghasilkan konten berkualitas dan menggabungkan kebiasaan utama untuk membuat konten yang hebat, jalan kamu untuk menjadi pembuat konten yang sukses telah ditetapkan. Jadi, pertimbangkan kebiasaan yang telah kami sebutkan di atas untuk menginspirasi proses pembuatan konten dan strategi pemasaran digital kamu. Jadilah penulis profesional yang kamu inginkan, dan selalu berusaha lebih keras untuk menyenangkan audiens kamu.

Menempatkan upaya ini akan memastikan bahwa kamu terlihat sebagai penulis yang kredibel dan bukan seseorang yang hanya terburu-buru menyelesaikan tugas untuk menyelesaikannya.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?