Skip to content
Home » News-default » Tips Untuk Tingkatan Brand Awareness

Tips Untuk Tingkatan Brand Awareness

Tips Untuk Tingkatan Brand Awareness

Dalam dunia bisnis, brand awareness adalah terbagi menjadi tiga tingkatan. Apa saja?

  1. Brand Recognition

Brand Recognition (disebut juga dengan aided recall) adalah saat pelanggan melihat suatu produk dan mengenalinya. Namun, bukan berarti mereka bisa mengingat nama produk tersebut. 

Pelanggan hanya mengenalinya karena branding dari produk tersebut. Mulai dari logo, kombinasi warna, hingga slogan. Kamu pasti pernah mengalami seperti ini, kan?

2. Brand Recall

Brand recall (disebut juga dengan spontaneous recall atau unaided recall) adalah ketika pelanggan mampu mengingat nama brand saat melihatnya sekilas atau berdasarkan kategori produknya.

Kemampuan mengingat ini dipengaruhi oleh frekuensi pemakaian produk atau kesetiaan mereka. Dengan kata lain, semakin sering pelanggan menggunakan produk Kamu dan menyukainya, semakin mungkin brand Kamu berada pada tingkatan ini. 

3. Top-of-Mind Awareness

Tingkatan tertinggi pada brand awareness disebut dengan Top-of-Mind Awareness (TOMA). Di tahap ini, brand kamu akan langsung muncul pertama kali saat pelanggan sedang memikirkan kategori atau industri brand kamu.

Misalnya, saat ada yang menyebut “mie instan,” pasti kamu akan langsung teringat dengan Indomie, kan? Nah, itulah yang disebut dengan Top-of-Mind Awareness. Brand awareness di tingkatan ini sudah sangat membekas di ingatan pelanggan.

Sekarang, kamu sudah tau kan tingkatan Brand Awareness itu ada apa aja. Yuk mulai tingkatkan Brand Awareness pada bisnis Kamu!.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?