Skip to content
Home » News-default » Bagaimana Cara Membangun Personal Branding Secara Professional!

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding Secara Professional!

Ketika kamu secara konsisten mulai membangun branding yang melekat pada diri kamu,dengan cara menceritakan kisah dan membagikan potongan kepribadian kamu dengan audiens di media sosial. Kamu akan melihat lebih banyak orang yang aktif terlibat, mengikuti, dan berbagi konten yang kamu buat.

Hal tersebut akan membuat kamu lebih dikenal dan mudah ditemukan oleh orang yang ideal bagi kamu. Misalnya seorang HRD yang mencari informasi kamu sebagai bahan penilaian diterima kerja.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70-80% orang meneliti influencer atau merek sebelum melakukan bisnis dengan mereka. Itulah salah satu alasan pentingnya personal branding.

Karena media sosial telah menjadi tempat untuk mencari informasi yang sangat handal dan banyak akal tentang siapa pun, sangat penting untuk selalu menunjukkan diri kita yang otentik. Hampir semua yang kamu lakukan dapat ditemukan online. Maka dari itu buatlah personal branding yang kuat dan pastikan jejak digital kamu baik.

Berbagai cara dapat membangun personal branding, namun berikut beberapa langkah utama untuk kamu membangun personal branding. Sebelumnya kamu harus mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Beberapa pertanyaan tentang personal branding adalah :

  1. Siapa Kamu?
  2. Apa keyakinan dan nilai utama pada diri kamu?
  3. Apa jenis budaya perusahaan yang kamu inginkan?
  4. Skill apa yang bisa kamu tawarkan?
  5. Bagaimana kamu berpengaruh pada lingkungan di sekitarmu?

Beberapa pertanyaan tersebut akan membantu kamu dalam mengetahui dasar dari diri dan menciptakan branding diri yang kuat. Setelah usai dengan pertanyaan tersebut, maka kamu bisa mulai tahapan selanjutnya yaitu cara membangung personal branding.

  1. Tentukan Tujuan Brandingmu

Yang paling utama adalah kamu harus menentukan tujuan kamu dalam membangun personal branding. Ketika seseorang bertanya pada kamu “Apa tujuan kamu ingin dikenal orang lain?” maka pertanyaan tersebut bisa lebih mudah dijawab ketika kamu sudah memahami beberapa pertanyaan diatas.

Kamu pasti akan menggemari salah satu orang dengan personal branding yang sudah kuat. Kamu bisa melihat dan mempelajari bagaimana ia menampilkan diri mereka secara online dan menyampaikan idenya melalui tulisannya, videonya, hingga fotonya.

2. Tampilkan Citra Diri Sesuai Dengan Portofolio

Ingat! Menentukan tujuan personal branding harus sesuai dengan portofolio kamu, Kamu pasti tidak ingin jika kamu dianggap orang yang hanya pencitraan saja. Walaupun pada dasarnya pencitraan itu bisa berarti positif ataupun negatif, tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Misalnya, Kamu ingin dikenal sebagai seorang penulis buku yang terkenal, Namun kamu tidak mempunyai buku yang best seller. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kesan jika kamu hanya mengada-ngada bahkan merupakan penulis buku terkenal.

3. Buat Konten Yang Bernilan dan Optimasi Sosial Media

Konten sangat penting dalam hal ini, Konten menjadi alat untuk mengkomunikasikan dan memasarkan semua nilai dari personal brand kamu untuk lebih dikenal oleh orang lain baik melalui sosial media, website atau media yang lainnya.

Content marketing menjadi salah satu strategi yang sangat maksimal dalam membangun branding. Dengan content marketing kamu bisa lebih mudah untuk memasarkan konten dan membuat diri kamu lebih dikenal.

4. Bangun Networking dan Saling Berkolaborasi

Membangun networking sangat penting dalam cara membangun personal branding yang cepat. Dengan membangun networking kamu bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik yang secara tidak langsung akan membantu kamu untuk mengembangkan personal branding.

Bukan hanya itu, kolaborasi sangat penting. Coba kamu lihat, youtuber yang sudah terkenal pun masih membutuhkan kolaborasi. Kamu bisa menemukan partner kolaborasi dengan membangun networking yang luas.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara membangun personal branding yang kuat. Bisa dibilang, personal branding adalah strategi penting untuk menunjang kesuksesan Kamu di masa depan. Maka dari itu, yuk mulai membangun personal brandingmu!

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?