Skip to content
Home » News-default » Apa itu Self Regulation dan Apa Efeknya Untuk Pekerjaanmu?

Apa itu Self Regulation dan Apa Efeknya Untuk Pekerjaanmu?

  • kimAdmin 
Apa itu Self Regulation dan Apa Efeknya Untuk Pekerjaanmu?

Apakah kamu pernah merasa mood-mu memengaruhi kinerja di kantor atau ketika meeting dengan client? Jika pernah, maka kamu harus memahami apa itu self regulation. Self regulation adalah cara untuk membantumu tetap fokus pada pekerjaan. Sebagian dari kamu pasti belum terlalu familiar dengan istilah self regulation.

Untuk itu kami membahasnya disini apa itu self regulation dan bagaimana cara mengembangkannya. Yuk Simak!

  1. Apa itu Self Regulation?

Menurut American Psychological Association, self regulation adalah upaya untuk mengontrol perilaku melalui self-monitoring, self-evaluation, dan self-reinforcement. Secara sederhana, self regulation adalah kontrol atas diri sendiri.

Beberapa hal yang termasuk di dalamnya yaitu; kendali atas pikiran, emosi, spontanitas, selera, dan kinerja pada tugas/pekerjaan. Bukan hanya memiliki kontrol terhadap diri sendiri, Very Well Mind menyebutkan self regulation adalah kemampuan menghadapi kekecewaan dan salah satu komponen dari emotional intelligence.

Seseorang dengan self regulation yang baik akan mampu menilai apakah perilakunya sesuai dan dapat mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhan.

  1. Aspek-Aspek Penting dalam Self Regulation yang Harus Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa aspek penting self regulation menurut Very Well Mind:

  1. Aspek fisik

Saat marah, biasanya kamu akan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan fisik secara spontan. Self regulation penting untuk diterapkan agar kamu bisa mengontrol spontanitas untuk melakukan hal-hal yang bisa berdampak secara fisik saat kamu merasa moodmu tidak baik.

  1. Aspek emosional 

Self regulation akan membantu kamu untuk mengendalikan diri saat marah, kesal, sedih, dan senang. Bukan hanya mengelola perasaan yang kamu rasakan, self regulation juga membantu menenangkan diri dan menerima apa yang kamu rasakan. Jika kamu sering merasa overwhelming, itu mungkin pertanda bahwa kamu belum bisa mengontrol emosi dengan baik.

  1. Aspek mental

Dalam aspek mental, self regulation adalah hal yang harus dipelajari agar kamu memiliki kendali mental agar produktif. Self regulation yang baik akan membantu kamu lebih fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

  1. Aspek sosial

Peran self regulation dalam aspek sosial akan membantu kamu untuk menerima dan membangun hubungan dengan orang lain.

  1. Cara Efektif Untuk Meningkatkan Self Regulation

Proses dan caramu meningkatkan self regulation bisa saja berbeda dengan orang lain, tapi kamu bisa mencoba beberapa langkah umum di bawah ini:

  1. Self-awareness

Self-awareness adalah memahami emosi, kebiasaan, dan pikiran diri sendiri. Untuk orang dewasa, terkadang sulit untuk memahami emosi yang sedang kamu rasakan. Mempraktikkan self-awareness akan membantumu memahami bagaimana motivasi, emosi, dan respons terhadap apa yang terjadi di sekitarmu.Selain itu, memahami hal ini akan membantumu bertindak lebih sesuai.

  1. Mindfulness

Mindfulness adalah cara berpikir yang melibatkan keadaan saat ini, memahami apa yang ada di sekitar, pikiran, dan apa yang kamu rasakan. Memahami mindfulness akan membantu kamu meningkatkan self regulation sekaligus lebih tenang dalam menjalani keseharian. Coba praktikan mindfulness dengan mencoba fokus, mengambil jeda, dan bersyukur atas apa yang sedang kamu hadapi.

  1. Manajemen stres

Beberapa tipe stres akan berdampak pada dirimu seperti mood swings dan kesulitan untuk konsentrasi.

Dampak negatif ini memengaruhi bagaimana kamu mengelola diri sendiri dan proses self regulation yang kamu lakukan.

Mengupayakan manajemen stres yang lebih baik akan sangat berpengaruh terhadap tingkat self regulation-mu.

Coba praktikkan manajemen stres yang baik dengan metode-metode seperti latihan napas (tarik napas dalam-dalam), meditasi, dan menjaga kualitas tidur.

Itu dia yang harus kamu ketahui tentang self regulation.  Memiliki self regulation yang baik akan membantu kamu menjadi lebih baik dan fokus kepada tujuan yang ingin kamu capai. Coba terapkan cara-cara di atas untuk mengembangkan self regulation sehingga kamu lebih memiliki resiliensi dan kontrol diri.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?