Skip to content
Home » News-default » 7 Tips Jitu Untuk Mahir UI UX Design, Perlu Kamu Simak!

7 Tips Jitu Untuk Mahir UI UX Design, Perlu Kamu Simak!

  • kimAdmin 
7 Tips Jitu Untuk Mahir UI UX Design, Perlu Kamu Simak!

UI dan UX designer belakangan adalah salah satu profesi yang cukup familiar. Kamu bisa nemuin banyak banget lowongan sebagai UI/UX designer di luar sana. Nggak heran semakin ramai orang yang tertarik mendalami bidang satu ini. Nah, buat kamu-kamu para newbie yang kepo ingin belajar UI/UX design, ikuti tips-tips berikut, dan dijamin masa depanmu di dunia perdesainan makin cerah.

  1. Pelajari Dulu Prinsip-Prinsip UI UX Design

Hal utama yang jadi cakupan UI atau user interface adalah seluruh aspek visual yang ditampilkan dalam situs web. So, tips pertama yang harus dilakukan jika ingin belajar tentang UI design, ya, dengan mengenali apa aja, sih, prinsip dari UI design itu sendiri.

Ada pun beberapa prinsip dari UI design, yakni warna, balance, contrast hingga typography. Pelajarilah dasar-dasar dan psikologi warna. Selain itu, kamu juga harus bisa bikin desain yang seimbang dengan memperhatikan kontras dan juga font huruf.

  1. Cari Tahu tentang Proses Kreatif dari Profesi UI/UX Designer

Selanjutnya, pelajari tentang seluruh rangkaian proses kreatif dari profesi sebagai desainer UI/UX. Mulai dari discover, yakni melakukan riset, mencari inspirasi dan ngumpulin ide-ide. Kemudian define, di mana UI/UX designer harus bisa mendefinisikan ide-ide mereka. Lalu ada proses develop atau pengembangan ketika seorang desainer mulai merancang konsep dan mengujinya sampai dapat hasil yang diinginkan. Dan yang terakhir, delivery. Di tahap ini desainer harus memproduksi serta menyelesaikan proyeknya.

  1. Kumpulkan Referensi Desain Sebanyak Mungkin

Jangan berhenti mencari dan ngumpulin berbagai referensi desain. Ini adalah poin penting saat kamu ingin belajar UI/UX design dengan baik, guys. Pelajarilah kelebihan dan kekurangan dari desain-desain yang ada. Atau kamu juga bisa menambah referensi dengan banyak-banyak baca artikel seputar UI/UX design untuk menambah pengetahuan. Selain itu, dengan membaca artikel desain UI/UX, kamu jadi tahu tren apa yang lagi booming.

  1. Mulai Belajar Software yang Dibutuhkan UI/UX Designer

Mulai dari Adobe XD, Balsamiq, Sketch dan masih banyak lagi software lainnya yang biasanya dipakai seorang UI/UX designer. Nah, kalau ingin mahir mendesain UI/UX, pastikan kamu mulai belajar gimana cara pakai alat-alat tersebut. Gunakan tools untuk menyalurkan ide-ide kreatifmu dan cari tahu apa, aja, sih, fitur-fitur yang dimiliki software tertentu dan apa kekurangannya. Jadi, kamu nggak kagok sewaktu dapat job nantinya.

  1. Ikut Kelas UI UX Design

Cara terbaik selanjutnya untuk mahir belajar UI/UX design adalah dengan mendaftar kelas khusus atau mengikuti bootcamp. Langkah ini dapat membuka peluang bagimu untuk bertumbuh dan berkembang sebagai seorang UI UX designer yang jago. Karena di tempat-tempat seperti ini kamu akan dapat pengajaran dan panduan langsung dari para pakar serta praktisi ternama di bidang UI/UX. Selain itu, dengan ikut pelatihan kamu juga bisa ngerasain secara langsung semangat dan antusiasme yang ada di bidang UI/UX.

  1. Ajak Teman Seperjuangan Berdiskusi Bersama

Carilah teman diskusi dengan bergabung di komunitasnya para UI/UX designer. Jadi, kamu bisa langsung bertanya dan berdiskusi jika ada kesulitan. Nggak cuma bisa dapat banyak ilmu baru, di sini kamu juga dapat menjalin koneksi yang penting dalam karir profesional sebagai desainer UI/UX.

  1. Bangunlah Portofolio versi Terbaikmu

Dan yang terakhir, mulailah membangun portofolio. Ini menjadi langkah yang nggak kalah penting dari rangkaian proses belajar UI/UX design. Membuat portofolio adalah trik jitu untuk mengembangkan skill serta kreativitasmu dalam bidang desain. Selain itu, kebanyakan perusahaan ingin tahu sehebat apa kemampuan pelamar saat membuka rekrutmen UI/UX designer.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?