Skip to content
Home » News-default » Tips Mengatasi Culture Shock di Tempat Kerja Barumu!

Tips Mengatasi Culture Shock di Tempat Kerja Barumu!

  • kimAdmin 
Tips Mengatasi Culture Shock di Tempat Kerja Barumu!

Menurut laman Simon Fraser University, culture shock adalah perasaan yang sering dialami orang ketika memasuki lingkungan baru atau kondisi yang tidak biasa. Culture shock dapat menimbulkan rasa bahagia hingga frustasi bagi siapapun yang mengalaminya.

Pada kenyataannya, culture shock tidak hanya terjadi saat bepergian ke luar negeri, dalam lingkup yang lebih kecil seperti lingkungan kantor pun bisa saja terjadi. Misalnya melihat pola kerja yang individualis, rekan kerja yang kompetitif atau gaya komunikasi yang terlalu kaku. Ketika gagal beradaptasi, culture shock bisa mengganggu dan menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Lalu, gimana ya caranya mengatasi culture shock yang mudah? Yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Bersikap ramah dan murah senyum kepada semua orang

Ketika menjadi anggota baru di sebuah perusahaan, kamu perlu memelihara hubungan yang baik juga dengan orang-orang di dalamnya. Interaksi sosial juga sangat penting untuk membantu kamu memahami budaya di tempat kerja baru.

Untuk itu, pastikan kamu mempersiapkan perkenalan diri yang baik. Cobalah untuk bersikap ramah pada semua orang, sehingga saat bekerja sama dengan mereka kamu bisa merasa lebih nyaman. Namun, pastikan juga kamu tetap memiliki batasan dalam berhubungan dengan rekan kerja, ya.

  1. Kelola Stres yang kamu alami dengan baik

Menghadapi segudang tanggung jawab baru di tempat baru pasti memberikan kamu tekanan yang cukup besar. Padahal di sisi lain kamu juga perlu membuktikan kualitas pekerjaanmu. Untuk menghadapi hal ini, kamu perlu mengelola tingkat stres dengan baik.

Pastikan kamu selalu tidur cukup, olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan makan makanan sehat. Jangan lupa juga untuk memelihara support system yang kamu miliki. Misalnya teman, keluarga, atau pasangan. Support system yang tepat bisa menjadi tempatmu untuk berkeluh kesah dan mengurangi sedikit beban yang kamu miliki.

  1. Belajar untuk memahami budaya kantor baru 

Setiap kantor pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Mulai dari cara berkomunikasi, gaya bahasa, selera humor, pola bekerja dan lain sebagainya. Cobalah untuk memahami budaya yang terjadi di tempat kerjamu yang baru. Terutama, saat kamu dipindahkan ke suatu daerah yang jauh dari tempat tinggal asalmu.

  1. Jangan membandingkan dirimu dengan yang lain

Dilansir dari Bravely, salah satu hal yang perlu kamu lakukan di tempat kerja baru adalah menghindari persaingan antar rekan kerja. Jangan biarkan juga dirimu membandingkan diri dengan rekan kerjamu yang telah lama berada di perusahaan tersebut.

  1. Mencari cara untuk menghilangkan stressmu

Dilansir dari Healthline, kamu bisa mulai dari cara yang paling sederhana seperti mendengarkan lagu atau latihan pernapasan. Kamu juga bisa berlatih menerapkan sikap mindful untuk mengendalikan rasa takut dan ketegangan yang mungkin muncul.

Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Can we help you?